Petunjuk Permintaan Data

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI

Halaman 1

Pencarian Data

Untuk mengakses data yang tersedia di Katalog Data Spasial dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut :
1) Buka Aplikasi Webgis Katalog Data Spasial
Untuk membuka Katalog Data Spasial dapat mengunjungi https://katalogpeta.pu.go.id/katalogpu/. Tampilan awal dari Katalog Data Spasial seperti gambar disamping ini.  

2) Pilih tools pencarian
Untuk mengakses data yang tersedia, dapat memilih icon yang berada di panel sebelah kiri, lalu akan terbuka form pencarian yang telah disediakan oleh Katalog Data Spasial, pada form tersebut terdapat beberapa menu pencarian, seperti tampilan di samping ini.  

Di dalam menu tersebut terdapat pilihan yang bisa digunakan untuk mempermudah user dalam pencarian data, sebagai berikut:
a. Katalog : Pada menu ini terdapat pilihan semua, foto udara, citra satelit, Peta Topografi, Peta Tematik dan Digital Elevation Model.
b. Sub Katalog : Menu ini akan menyesuaikan dengan katalog yang dipilih, sebagai contoh katalog yang pilih adalah citra satelit, maka akan muncul pilihan di sub katalog seperti : SPOT, Quickbird, Landsat, ASTER, IKONOS, dan lain sebagainya. Menu Sub Katalog tidak akan muncul jika katalo yang dipilih adalah Foto Udara.
c. Skala : Pada menu ini terdapat pilihan skala mulai dari 1: 10.000 sampai 1:1000000. Menu skala tidak ada jika katalog yang dipilih adalah citra satelit.  
d. Provinsi : Pada menu ini terdapat pilihan provinsi se-Indonesia.
e. Cari : Pada menu ini dapat dimasukkan kata kunci atau nama dari data yang dicari, contohnya : SPOT, Jakarta, dan lain sebagainya.  

Sebagai contoh akan dipilih katalog: citra satelit, Sub Katalog: semua dan Provinsi : Jawa Barat, seperti tampilan di samping ini. 

Lalu pilih tombol Cari untuk melakukan pencarian data yang tersedia, maka akan data yang kita inginkan akan ditampilkan. 

Disebelah kanan data terdapat panel aksi yang dapat kita lakukan terhadap data yang kita pilih, pada panel tersebut terdapat dua pilihan, yaitu :

Lihat, digunakan untuk melihat atau m enampilkan data yang tersedia, seperti dibawah ini.

Info, digunakan untuk memberikan informasi detail terkait data tersebut.

Pilihan Info, Zoom dan Lihat juga dapat diakses dengan cara mengklik setiap grid data yang muncul dari hasil pencarian 


Tahapan lain yang dapat dilakukan untuk pencarian data adalah dengan menggunakan menu cari. User dapat memasukkan kata kunci dari data yang dicari, seperti gambar di samping ini. 

Jika data tersedia maka data tersebut akan langsung ditampilkan.  

Selanjutnya dapat melakukan aksi seperti telah diuraikan pada tahapan sebelumnya. Namun jika data yang dicari tidak tersedia, maka akan muncul jendela seperti di samping. 

free simple website templates

© 2020 Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat